Laboratorium Perancangan dan Optimasi Sistem Industri

Sejarah
Pada tahun 1976 Berdiri Laboratorium Statistika Industri dengan fungsi utama sebagai unit pendukung kegiatan pendidikan di Jurusan Teknik Industri melalui penyelenggaraan praktikum, khususnya praktikum Statistika Industri. Lalu, pada tahun 1977 berubah menjadi Laboratorium Statistika Industri dan Penelitian Operasional (Lab. SIPO) untuk pendukung kegiatan pendidikan dan penelitian dalam bidang Statistika Industri dan Penelitian Operasional. Mulai tahun1995 sampai dengan Ditetapkan menjadi Laboratorium Perencanaan dan Optimasi Sistem Industri (LPOSI) sebagai respon terhadap kebutuhan penelitian yang bersifat multi-disiplin dalam meningkatkan kinerja sistem industri.

Visi
Visi LPOSI adalah menjadi pusat kompetensi ilmiah terlembaga dalam bidang perencanaan dan optimasi sistem industri (POSI) dengan misi LPOSI memfokuskan aktivitasnya dalam penelitian, pengembangan, dan pengkajian terapan metode dan teknik perencanaan dan optimasi sistem industri (POSI) sebagai upaya pengembangan unit organisasi yang andal dalam mendukung peningkatan kinerja sistem industri secara modern (berbasis teknologi maju), terpadu (secara horizontal dan vertikal), dan cerdas (berdasarkan struktur dan mekanisme sistem yang adaptif).

Bidang Kajian
Dalam memenuhi fungsi sebagai unit pendukung kegiatan pendidikan di Jurusan Teknik Industri melalui penyelenggaraan praktikum, khususnya praktikum Statistika Industri, 9 dosen, 16 orang asisten, 2 staf administrasi dan 1 petugas Laboratorium Perencanaan dan Optimasi Sistem Industri juga berusaha mengembangkan aktivitas di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membangun daya saing industri. Secara garis besar, lingkup kajian LPOSI dibagi menjadi empat, yaitu:

  • Pemodelan Skala Besar
  • Perencanaan Strategi Sistem Industri
  • Sistem Rantai Nilai
  • Perencanaan Sistem Sosio-Teknikal

Kontak
Laboratorium Perencanaan dan Optimasi Sistem Industri
Gedung Laboratorium Teknologi III – Lantai 4
Jl. Ganesha 10, Bandung 40132
Telp: (022) 2500680